Photobucket

Kamis, 24 Desember 2009

KOMARUDIN HIDAYAT




biografi :

Nama: Prof. Dr. Komaruddin Hidayat
Lahir: Muntilan, Pabelan, Magelang, 18 Oktober 1953
Agama: Islam

Jabatan:
- Rektor UIN Jakarta, 2006-2010
- Ketua Panitia Pengawas Pemilu 2004

Pendidikan:
= Ponpes Pabelan, Magelang (1969)
= Sarjana Fakultas Ushuludin IAIN Jakarta (1981)
= IMaster and PhD Bidang Filsafat pada Middle East Technical University, Ankara, Turki (1995)
= Post Doctorate Research Program di Harfort Seminary, Conecricut, AS, selama satu smester (1997)
= International Visitor Program (IVP) ke AS (2002)

Pengalaman Kerja:
= Guru Besar Filsafat Agama, UIN Jakarta (2001-sekarang)
= Direktur Eksekutif Yayasan Paramadina (1996-2000)
= Associate Trainer/Consultant bidang HRD pada Vita Niaga Colsultant (1999-sekarang)
= Dosen Tetap Institut Bankir Indonesia (2000-sekarang)
= Dosen Pascasarjana Universitas Gajah Mada (2003-sekarang)
= Advisory Board Member of Common Ground Indonesia (2001-sekarang)
= Ketua Panitia Pengawas Pemilu Pusat (2003-2004)
= Chairman pada Indonesia Procurement Watch (2002-sekarang)
= Direktur Eksekutif Pendidikan Madania (2001-sekarang)
= Dewan Pertimbangan Pendidikan DKI Jakarta (2004-sekarang)
= Direktur Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta (2005-sekarang)
= Anggota Badan Standar Nasional Pendidikan RI (2005-sekarang)
- Ketua Panitia Pengawas Pemilu, 2004
- Rektor UIN Jakarta, 2006-2010

Karya Tulis
= Memahami Bahasa Agama (1996)
= Masa Depan Agama (1995)
= Tragedi Raja Midas (1998)
= Tuhan Begitu Dekat (2000)
= Wahyu di Langit, Wahyu di Bumi (2002)
= Menafsirkan Kehendak Tuhan (2003)
= Psikologi Kematian (2005)

Direktur Pasca Sarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Jakarta dan mantan Ketua Panwaslu 2004 Prof Dr Komaruddin Hidayat terpilih dengan suara muutlak (61 dari 80 suara senat) sebagai rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta untuk masa bakti 2006-2010. Dia menggantikan Prof Dr Azyumardi Azra, MA, yang sudah dua kali menduduki jabatan tersebut.

Komaruddin terpilih dalam rapat Senat Universitas yang dipimpin Azyumardi, di Auditorium Utama, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Selasa (17/10/2006). Komaruddin menang mutlak dengan meraih 61 suara dari 80 suara anggota senat. Dia mengungguli dua calon lainnya, yaitu Prof. Dr. Masykuri Abdillah yang memperoleh 16 suara dan Prof. Dr. Suwito mendapat 2 suara. Satu suara lainnya tidak sah..


Lahir di Magelang, Jawa Tengah, 18 Oktober 1953. Alumni pesantren modern Pabelan, Magelang (1969) dan pesantren al-Iman, Muntilan (1971). Menyelesaikan Sarjana Muda (BA) di bidang Pendidikan Islam (1977) dan Sarjana Lengkap (Drs.) di bidang Pendidikan Islam (1981) di IAIN Jakarta. Meraih doktor di bidang Filsafat Barat di Middle East Techical University, Ankara, Turkey (1990).

Menulis di berbagai media massa. Dosen pada Fakultas Pasca Sarjana IAIN Jakarta (sejak 1990); dosen pada Fakultas Pasca Sarjana Universitas Indonesia (sejak 1992); dosen Sekolah Tinggi Filsafat (STF) Driyarkara (sejak 1993). Selain sebagai dosen, ia juga sebagai Dewan Redaksi majalah Ulumul Qur`an (sejak 1991); Dewan Redaksi jurnal Studia Islamika (sejak 1994); Dewan Editor dalam penulisan Encylopedia of Islamic World; dan Direktur pada Pusat Kajian Pengembangan Islam Kontemporer, IAIN Jakarta (sejak 1995). Sejak tahun 1990, ia merupakan salah satu peneliti dan dosen tetap Yayasan Wakaf Paramadina, Jakarta

Ketua Panwaslu 2004
Yang lebih penting Pemilu 2004 adalah mementum penting supaya semua pihak memiliki kehidupan berpolitik sesuai etika dan beradab. "Tugas Panwaslu adalah mengawasi semua pihak peserta Pemilu agar tetap di rel etika dan beradab sesuai ketentuan hukum," tukas ketua Panwaslu Prof Dr kommaruddin Hidayat.

Duduk sebagai nahoda di Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Pusat adalah Prof Dr Komaruddin Hidayat. Cendekiawan muslim yang mengawali pendidikannya di Pondok Pesantren Pabelan Magelang (1969) itu terpilih menjadi Ketua Panwas Pusat.

Mengantongi gelar Master dan Philoshophy of Doctor (PhD) dari Universitas Ankara, Turki (1990) bagi mantan birokrat ketika menjabat Dirjen Dikti Departemen Agama, ini jabatan baru buat Komarudin. Betapa tidak, ia juga harus bergelut sebagai staf pengajar pasca sarjana di IAIN (Institut Agama Islam Negeri) Jakarta.

Mengusik latarbelakangnya, agaknya terlalu dini untuk menyebut Komaruddin yang Direktur Eksekutif Yayasan Paramadina ini sebagai pembawa label generasi pewaris Cak Nur, Sebab, menurutnya, bertugas di Panwaslu adalah demi kepentingan semua pihak itu.

Komarudin, 40 tahun, menuturkan, salah satu motivasinya bertugas di Panwaslu adalah berusaha untuk mengakhiri jargon "masa transisi" seperti banyak dipergunjingkan dalam kehidupan berpolitik di negara ini. Memang disebut-sebut, pelanggaran dalam proses pemilu adalah ciri khas bangsa di masa transisi. Masa lalu lazimnya dituding karena pemerintah tidak membuka keran penuh, tidak saja bagi edukasi berpolitik massa, juga di sektor kehidupan lainnya.

Justru itu Pemilu 2004 harus berhasil, dalam arti target bahwa wakil rakyat dan pemerintah sesuai dengan keinginan rakyat harus dicapai. "Panwaslu bekerja untuk menjadikan Pemilu 2004 sebagi titik recovery. Kita harus mengakhiri masa transisi. Jika gagal, negara ini akan semakin rusak," kata Komarudin.

Di bagian lain, menurut catatan sementara yang diperoleh, sejak awal Panwaslu terbentuk sudah ada puluhan kasus pelanggaran Pemilu yang dilaporkan masyarakat dan sedang diproses di Panwaslu. Bahkan, sebagian dari laporan masyarakat itu, karena memenuhi syarat, telah dilimpahkan Panwaslu ke pihak penyidik dalam hal ini kepolisian.

Biasnya, indikasi ini bisa menepis sikap skeptis sementara pihak bahwa Panwaslu-seperti pendahulunya-- tidak akan bisa berbuat banyak dalam upaya penegakan hukum terhadap pelaku pelanggaran Pemilu. "Semua pihak harus mendukung tugas Panwaslu. Masyarakat harus mau lapor jika ada pelanggaran Pemilu," tukas ketua Panwaslu.

Tak tampak siksaan sibuk bagi Komaruddin ketika ada panggilan tugas Panwaslu. Misalnya soal waktu berkumpul dengan keluarga, kapan? Justru, di hari-hari libur tugas Panwaslu acap memanggil. "Tidak masalah. Dari dahulu saya sering mengajak keluarga ikut dengan saya ke lapangan. Biar mereka mengerti apa saja yang saya kerjakan sehari-hari," tuturnya. (http://www.panwaspemilu.org/p_ang_hidayat.php)


Ke Jakarta untuk Menaklukan Kemiskinan

Indopos, Minggu, 22 Okt 2006: Puncak karir dunia akademik tergapai. Meraih gelar doktor hingga profesor. Yang terbaru, Komaruddin Hidayat dipercaya menjadi rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Jakarta. Apa filosofi hingga dia mencapai mahkota karirnya itu?

Suatu saat Komar, demikian sapaan akrabnya, didaulat menjadi pembicara di hadapan rektor dan guru besar Universitas Gadjah Mada (UGM). Kampus UGM itu memang tidak jauh dari kampung Komar, Magelang. Kira-kira satu jam perjalanan. Saat itu, Komar merenung, kok bisa dirinya berbicara di hadapan para profesor di kampus bergengsi itu. Dia tertawa merefleksi perjalanan hidupnya tersebut.

Sebagai seorang santri tulen, dulu Komar berpikir bahwa UGM itu menjadi almamater yang tidak terjangkau. "Dulu saya mimpi untuk masuk saja tidak berani, apalagi jadi dosen di sana karena memang tidak ada jalurnya bagi orang miskin yang besar di pesantren," katanya. Jadi, kata Komar, dia sering tertawa sendiri.

Kini, hal yang untuk dimpikan saja tak berani itu menjadi kenyatan. Komar dipercaya menjadi dosen di program Pascasarjana UGM. Anehnya, untuk menjadi pengajar di kampus yang terletak di sebelah tanah kelahirannya tersebut, dia harus berputar-putar terlebih dahulu. "Hidup ini memang sandiwara. Untuk bisa melakukan itu, saya harus bertahun-tahun berputar melalui Jakarta, Amerika, Kanada, Turki, dan lainnya," kata mantan ketua Panwaslu 2004 tersebut.

Untuk bisa seperti sekarang, Komar mengaku memiliki motivasi besar yang dilatarbelakangi empat hal penting yang menjadi titik balik bagi hidupnya. Pertama, kondisi kampung halaman yang menyedihkan. Kedua, wafatnya ibu tercinta sejak kecil. Ketiga, sosok neneknya, Qomariyah, yang arif dan menanamkan spirit kehidupan yang besar. Keempat, hadirnya sosok Kiai Hamam Ja’far dan kondisi pesantren yang menjadi setting sosial tempat dirinya tumbuh menjadi sosok yang dewasa.

Komar mengaku sangat trenyuh melihat realitas sosial yang timpang di kampung halamannya. "Saya melihat toko-toko besar di sekitar kampung saya itu menindas masyarakat saya. Ketika saya pulang dari studi, kondisi tersebut tidak berubah. Banyak teman-teman masa kecil saya yang nasibnya mengenaskan sebagai petani," ujarnya.

Pemerintah, jelas Komar, sama sekali tidak berhasil mengangkat harkat dan martabat masyarakat petani. Di sisi lain, harta kekayaaan negara dihabiskan untuk foya-foya oleh para pejabat korup. "Ini menjadi spirit saya untuk gesit dalam bergerak. Saat itu saya bertekad untuk meninggalkan kampung yang tidak memberikan harapan itu, no hope no future," tegasnya. Komar berharap, suatu saat dirinya akan kembali untuk memberikan sesuatu yang berarti kepada masyarakat di kampungnya.

Spirit itu dikuatkan kerinduannya akan sosok seorang ibu yang telah lama meninggalkannya. Dengan semangat yang menggebu, Komar muda nekat bertarung di ibu kota Jakarta. Dia ingin membuktikan keberhasilannya kepada sang orang tua.

Akar motivasi perubahan tersebut diperkuat hadirnya seorang nenek dari garis ibu, yang sejak kecil mengasuhnya. Sejak kecil, tanpa disadari, sang nenek yang bernama Qomariyah itu memberikan hipnoterapi kepada Komar. Dalam ilmu psikologi, 88 persen perilaku seseorang itu digerakkan alam bawah sadarnya (Hipnoteraphy for Education: 2006).

Alam bawah sadar tersebut tersusun dari rekaman masa lalu berupa keinginan yang terpendam. "Sejak kecil, saya akrab dengan nenek karena sejak usia 9 tahun, ibu sudah meninggal. Setiap malam, antara tidur dan tidak, saya melihat nenek salat tahajud. Beliau juga membaca Alquran. Seusai melakukan itu, kepala saya diusap-usap, lalu ditiupkan petuah-petuah orang tua," katanya.

Komar menceritakan, sembari mendendangkan salawat nabi, sang nenek sering bertutur, "Komar, nanti kalau kamu besar, kamu akan mencangkul, tapi tidak menggunakan cangkul, tetapi menggunakan pena dan bolpoin. Komar, nanti kalau kamu besar, rumahmu terang benderang, tidak seperti rumah ini yang diterangi lampu teplok. Komar, kelak kamu akan jalan-jalan berkeliling dunia, naik pesawat terbang, nanti kamu banyak temannya," ujar sang nenek yang hidup dalam kondisi sangat sederhana itu.

Menurut Komar, apa yang dituturkan neneknya itu terekam dalam alam bawah sadar dan menjadi sugesti positif, yang menggerakkan kesadaran dan otak kanannya dalam meniti hidup. "Apa yang dilakukan nenek saya tersebut telah mengondisikan saya untuk mengakrabi dunia filsafat. Waktu itu saya tidak tahu itu filsafat," ujar mantan wartawan majalah Panji Masyarakat tersebut.

Selain pentingnya sosok sang nenek, karakter personal Komar diperkuat kehadiran Kiai Hamam Ja’far di Pesantren Pabelan, Magelang. Komar menilai, sosok Kiai Hamam yang sudah dianggap sebagai ayahnya itu seperti sosok Nabi Musa. Yakni, figur pemimpin, panutan, dan pemberi petunjuk yang selalu bersikap keras untuk menaklukkan ketimpangan dan kemiskinan.

"Kiai Hamam mengajarkan kepada saya bahwa manusia punya hak untuk merdeka, untuk hidup. ’Bumi ini untuk manusia, maka kamu berhak menikmati hidup ini’ kata guru saya. Itulah ajaran Alquran untuk menjunjung spirit dan etos hijrah dalam menjalani hidup," katanya. Sang kiai juga berpesan, "Lihat air itu, kalau mandek, dia akan menjadi penyakit dan kalau bergerak, dia akan bersih," kenangnya.

Karena desa miskin, ibu meninggal, nenek filosofis, dan sosok kiai serta dunia pesantren yang memiliki kondisi sosial berbeda itu Komar memiliki spirit "liar" untuk memperbaiki hidup dan masyarakat.

"Umur 18 tahun, saya bertekad mendatangi Jakarta. Prinsip saya, kalau di Jakarta itu banyak gula, saya ibarat semut, masak saya tidak tidak akan merasakan manisnya gula itu," ungkapnya. Saat itu, Komar tidak berpikir kerasnya persaingan di ibu kota. "Saya yakin ibu kota memberi harapan besar pada saya. Di sana ada ilmu, uang, informasi, dan sebagainya. Waktu itu saya nekat bermodal dengkul," tegas Komar.

Komar memegang prinsip bahwa kalau kita ingin menolong orang lain, tolonglah diri kita sendiri. "Berdiri pada kaki sendiri adalah pangkal kesuksesan (al-I’timad ala an-nafsi asasu an-naja). Jangan pikir orang lain dulu, tapi pikirkan dirimu sendiri lebih dahulu," tegasnya.

Di balik kesuksesannya itu, Komar melihat bahwa doa orang tua adalah faktor yang sangat mustajab. "Saya kadang malu meminta-minta kepada Allah. Sebab, kalau saya minta, saya merasa selalu dikabulkan. Saya takut pada Allah untuk tidak bisa bersyukur. Maka, saya selalu berdoa allahummaj’alni mina al-syakirin, jadi saya malu kalau tidak bersyukur," katanya.

Ke depan Komar mengaku ingin menjalani hidup dengan mengalir. "Saya berprinsip yesterday is history, now is gift or present, tomorrow is mystery. Jadi, let us celebrate the life. Hidup itu rekreasi, jadi harus happy dengan cara berbuat baik dan beramal saleh," ujarnya. Kita sekarang harus menanam benih di kebun, lanjut Komar, siapa tahu kafilah berikutnya bisa memetik buahnya. Siapa tahu juga bisa dibuat berteduh oleh orang yang berlalu. "Dengan cara itu, kelak kalau pulang kampung (meninggalkan dunia yang fana ini, Red) kan bisa tenang," ujarnya.

1 komentar:

daianagaff on 3 Maret 2022 pukul 17.56 mengatakan...

How to get to Betway Casino in New Jersey
Click here to see what is available on Betway Casino in 제주도 출장마사지 New Jersey 나주 출장마사지 in terms of games, bonuses 부천 출장안마 and other offers!Bonus Type: Deposit BonusBonus Amount: $20Online Since: 2018Deposit Options: Visa, MasterCard, Skrill, Play 경주 출장샵 Rating: 5 인천광역 출장샵 · ‎Review by Dr

Posting Komentar

 

About Me

Foto saya
SALAM HANGAT UNTUK PARA PENGIBAR PANJI PANJI HIJAU HITAM DALAM MEWUJUDKAN CITA CITA BANGSA DENGAN PENGHAYATAN YAKIN USAHA SAMPAI UNTUK SELALU BERSYUKUR DAN IKHLAS DALAM MENCAPAI PUNCAK PERJUANGAN

Term of Use